Fakta Unik Tentang Musik

 Hasil gambar untuk anjing dan kucing

1. Anjing dan kucing ternyata responsif terhadap musik, Anjing lebih cocok mendengarkan musik klasik, sedangkan kucing senang dengan musik ballad.

Hasil gambar untuk mendengarkan musik dengan earphone

2. Mendengarkan musik dengan earphone/headset dengan volume yang keras selama 1 jam saja. Bisa meningkatkan jumlah bakteri di telinga 700 kali lipat.

Hasil gambar untuk rileks

3. Musik bisa meredakan rasa sakit kepala sebanyak 20% dan menurunkan level depresi hingga 25%.

Hasil gambar untuk rileks

4. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Hasil gambar untuk anak kecil dengan musik

5. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik dapat mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran, dan juga beberapa bagian otak dapat diaktifkan oleh sebuah musik. Sebuah penelitian dari Kanada juga menunjukan bahwa ada hubungan kausal yang nyata antara musik dan system reward, yaitu bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan yang positif bagi kita. Seperti makan, minum dsb dan memperkuat perilaku ini agar kita melakukannya lagi.

Hasil gambar untuk anak kecil dengan musik

6. Seperti yang dikatakan oleh seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris Brigitte Forgeot, musik dapat membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan.


Jika kita merasa cemas atau setres, kita bisa mendorong korteks serebral diotak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat. Sementara di ujung skala lain, jika kita membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, kita akan lebih siap untuk berkonsentrasi dan memusatkan perhatian kita pada tugas yang cukup panjang.

Hasil gambar untuk anak kecil dengan musik

7. Frances Rauscher, psikolog di University of Wisconsin di Oshkosh dan rekan-rekannya menemukan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat meningkatkan penalaran di bidang matematika dan kemampuan spesial. Bahkan, tikus yang berlari di labirin menjadi lebih cepat dan lebih akurat setelah mendengarkan Mozart.


Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk memperoleh manfaat bagi otak. Tetapi aktifitas yang lebih merangsang otak dan bahkan meningkatkan IQ adalah bermain atau menulis musik. Anak-anak berusia enam tahun yang diberi pelajaran musik ketika dibandingkan dengan pelajaran drama atau tanpa instruksi mendapat tambahan 2-3 poin dalam skor IQnya.

Hasil gambar untuk wanita dengan musik

8. Musik ternyata dapat memberikan motivasi yang akan mempengaruhi pengembangan diri. Hati-hati, karena musik yang kamu dengar akan menentukan kualitas pribadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang punya masalah perasaan, biasanya cenderung mendengarkan musik yang sesuai dengan perasaannya. Dengan mengubah jenis musik yang didengarkan menjadi musik yang memotivasi, dalam beberapa hari masalah perasaan bisa hilang dengan sendirinya atau berkurang sangat banyak. Dan musik juga dapat merubah kepribadian yang kamu inginkan dengan cara mendengarkan jenis musik yang tepat.

0 Response to "Fakta Unik Tentang Musik"

Posting Komentar