Cara Melatih Vokal


Semua orang yang dianugerahkan suara oleh Allah pasti bisa memnyanyi, hanya saja kualitas suaranya lah yang membedakan. Tapi kualitas tersebut bisa dilatih dengan tekhnik yang baik dan benar. Sekarang sudah banyak sekali dibuka tempat-tempat kursus atau latihan vokal yang baik. Namun, jika kamu malu atau hanya sekedar ingin bisa menyanyi agar tidak memalukan, kamu bisa berlatih sendiri. Kemampuan bernyanyi menurutku perlu dilatik walaupun dengan otodidak agar ketika ada momen yang mengharuskan kita bernyanyi , kita bisa tampil tanpa harus malu. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih vokal :

Melatih Artikulasi (Pengucapan Kata Dengan Benar)
Mulailah melatih mengucapkan kata dengan jelas dan benar, lanjut sampai mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah lalu dilanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga kamu bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.

Melatih Kekuatan Suara
Kekuatan suara adalah yang berhubungan dengan pernapasan, jika pernapasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari suara bisa dilakukan. Kekuatan suara bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan suara yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa kamu lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali dalam sehari untuk mendapatkan power vokalmu.

Melatih Teknik Pernapasan
Tidak bisa dipungkiri, pernapasan yang baik dan mutlak diperlukan dalam bernyanyi. Salah satu teknik pernapasan yang paling efektif yaitu teknik pernapasan perut, bukan pernapasan dada. Tanda pernapasan perut yaitu ketika menarik napas, perut menggembung, sedangkan pernapasan dada jika ketika napas ditarik, yang menggembung adalah dada. Berikut ini cara melatih pernapasan perut :
  1. Siapkan posisi tubuh, bisa berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/ badan.
  2. Tarik napas sedalam-dalamnya (dengan napas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full menggembung.
  3. Kemudian tahan napas selama 10 detik. Dalam posisi perut full menggembung, tekan hingga perut terasa keras. Bisa dicek dengan menekan perut yang mengeras.
  4. Kemudian keluarkan napas perlahan-lahan melalui mulut selama 10 detik. Atur pengeluaran napas seefisien mungkin dengan membuka sedikit saja mulut sampai hitungan ke-10 sambil membunyikan “cesssssss”.
  5. Berikutnya ulangi langkah 1-4 latihan “tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya dengan penambahan per 2 detik, menjadi 12, 14, 16, 18, 20 dst. Hingga batas waktu terlama.
  6. Jangan ragu mengulangi jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat.


Melatih Teknik Vibrasi
Vibra adalah “menyembunyikan” suara. Vibra terjadi akibat adanya kontraksi pada pita suara. Contohnya pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf seperti S, SH, F maka tidak ada getaran dijakun kita. Tapi coba kalau dengan huruf G, K, NG dan “AHHH”, maka akan ada getaran. Itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran. Berikut ini cara melatih vibrasi :
  1. Cobalah rileks.
  2. Nanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi.
  3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita suara kamu.
  4. Rasakan pada getarannya.
  5. Fokus dan coba untuk mendapatkan vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural.
  6. Jangan dibuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebihan. Hal seperti ini malah akan menguras energi dan membuat suara tidak stabil.
  7. Jika sudah terdengar vibrasinya, baru boleh digerakkan bagian dalam tenggorokan dengan seperlunya, tak perlu berlebihan. Tenrgantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  8. Ingat, vibrasi yang baik itu adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Jadi harus dilatih pelan-pelan.


Melatih Suara Tinggi
Tiap orang memiliki range suara yang berbeda-beda, range vokal standar penyanyi yaitu 3 oktaf. Meskipun ada juga orang yang memiliki range vokal di atas 3 oktaf,bisa sampai 4,5, bahkan 6 oktaf. Namun jangan khawatir karena tentu saja suara tinggi bisa dilatih. Berikut ini cara melatih suara tinggi :
  1. Lakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita suara dengan menyanyikan bunyi “ah”, “mah”, “doh” atau “mi”, “mei”, “mah”, “mow”, “mu” dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi sesuai range vokal kamu.
  2. Lakukan latihan sesering mungkin, lebih bagus jika dilakukan setiap hari. Karena pita suara dapat kembali melempem/ melemas jika tidak sering dilatih. Sarannya, lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lebih presisi.
  3. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf tertinggi kamu. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/ konsentrasi kalo nada tinggi itu mudah dicapai.
  4. Setelah mampu menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  5. Nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah kamu. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. Jika menemukan kesulitan, coba nyanyikan “mah” atau “ah”. Setelah mampu menyanyikan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.

0 Response to "Cara Melatih Vokal"

Posting Komentar